STRATEGI PENINGKATAN KEPUASAN KONSUMEN MELALUI STORE ATMOSPHERE PADA CAFE HUMAIRA BOGOR

Authors

  • Shilvia Ananda Universitas Djuanda Bogor
  • Karina Septiani
  • Siti Rahmasari
  • Nurul Ihsan Maulana

Keywords:

Kepuasan konsumen, Store atmosphere, Importance Performance Analysis.

Abstract

Salah satu sektor perekonomian Indonesia yang berkembang pesat adalah bisnis kuliner. para pelaku bisnis perlu kecerdikan lebih untuk mengenali peluang pasar dan memahami apa yang diinginkan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat atau menganalisis strategi peningkatan kepuasan konsumen melalui store atmosfir pada cafe Humaira Bogor. Metode penelitian kuantitatif menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) serta analisis CSI. Data yang digunakan dalam penelitian dikumpulkan dengan mengumpulkan kuesioner yang dibagikan secara acak kepada 50 responden. Hasil Indeks kepuasan konsumen Cafe Humaira Bogor dengan nilai sebesar 77,41%, kepuasan konsumen Cafe Humaira Bogor masuk dalam kategori puas. Strategi yang perlu dilakukan Cafe Humaira Bogor untuk meningkatkan kepuasan konsumen melalui store atmosphere yaitu dengan mengevaluasi atau mempertimbangkan variasi produk yang ditawarkan, terutama makanan karena Cafe Humaira Bogor hanya berfokus pada penawaran minuman sehingga variasi makanan yang ditawarkan sangat kurang dan memperhatikan furnitur dengan menambahkan jumlah kursi. Hal itu perlu diperhatikan dan diperbaiki kembali oleh pihak cafe, karena tanggapan tidak puas konsumen biasanya bermula dari keadaan tersebut.

References

Alfin, M. R. & Nurdin, S. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Pada Kepuasan Konsumen yang Berimplikasi Pada Loyalitas Konsumen. Jurnal Ecodemica, Vol. 1 No. 2

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji validitas dan reliabilitas tingkat partisipasi politik masyarakat kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179-188.

Firdaus, F. (2020). Aplikasi Metode Importance Performance Analysis (IPA) Dan Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Analisa Peningkatan Kualitas Pelayanan Berdasarkan Persepsi Pengguna Moda Transportasi Bus Akdp Dan Akap Pada Terminal Type B (Studi Kasus Pada Terminal Caru,” Develop, vol. 4, no. 1, pp. 63–84.

Gunawan, W. H., & Wachyuni, W. (2020). Information Technology and Market Orientation on the Competitiveness and Performance of a Kuningan's Tourism Activity. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 7(2), 105-116.

Harjadi, D., & Fatmasari, D. (2017). Implementation of Integrated Marketing Communication in Image of Private Higher Education. TRIKONOMIKA, 16(2), 63-67.

Ilham, S., Silaningsih, E., Kartini, T., & Gemina, D. (2024). Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Strategi Store Atmosphere. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 13(01), 186-200.

Kotler, P. and Kevin Lane Keller. 2018. Perilaku Konsumen (sikap dan pemasaran). Terjemahan: Firmansyah, M. A. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Masruroh, R. (2017, March). The impact of modern retail Minimarket towards the continuity of traditional retail Businesses. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 180, No. 1, p. 012005). IOP Publishing.

Maulana, Y., Yusuf, A. A., Dirgantari, P. D., & Hurriyati, R. (2023). Marketplace Strategic Positioning Analysis. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 15(1), 101-111.

Pekerti, M. T., Junaida, E., & Meutia, R. (2023). Pengaruh Keragaman Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Brandan Donuts Di Pangkalan Berandan. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 3(1), 20-25.

Pratiwi, I. (2018). Implementasi Importance-Performance Analysis (Ipa): Analisis Preferensi Konsumen Muda Mie Setan Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya.

Priyatno, Dwi. 2018. Mandiri Belajar Analisis Data dengan Spss. Yogyakarta: Mediakom.

Putri, L. H., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen (Studi pada monopoli Cafe and Resto Soekarno Hatta Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 15(2).

Safiera, F., & Setyawan, Y. (2017). Metode Importance-Performance Analysis (Ipa) Dan Regresi Logistik Ordinal Untuk Mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien Klinik Pratama Rbg Rz Bantul Yogyakarta. Jurnal Statistika Industri dan Komputasi, 2(02), 84-92.

Said, H. S., Khotimah, C., Ardiansyah, D., & Khadrinur, H. (2023). Uji Validitas dan Reliabilitas: Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Matakuliah Accounting For Business atau Pengantar Akuntansi. Jurnal Publikasi Ekonomi dan Akuntansi, 3(2), 249-259.

Setiawan, I. K., & Sri Ardani, I. G. A. K. (2022). The Role of Positive Emotions to Increase the Effect of Store Atmosphere and Discount on Impulse Buying. European Journal of Business and Management Research, 7(1), 219–223.

Silaningsih, E., & Fahrosi, M. (2020). Strategi Store Atmosphere Pada Rumah Makan Soto Bogor Maamar Jakarta. Jurnal Visionida, 6(2), 41-51.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. & Diana, A. (2015). Konsumen Puas? Tak Cukup!. Yogyakarta: ANDI.

Trisna, P. B. (2023). Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Tropical Ants Ubud (Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).

Tunjungsari, S. V., Dh, A. F., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh store atmosphere (suasana toko) terhadap emosi serta dampaknya pada keputusan pembelian (survei pada pembeli di Ria Djenaka Cafe dan Resto, Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol, 30(1), 1-7.

Wardana, M. A. K., Octavini, N. A., & Nurbaiti, S. (2023). Indomaret vs Alfamart: The battle for store atmosphere supremacy. FIDUSIA: Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 6(2).

Widodo Mulyo Sanusi, and Sutopo Joko. 2018. “Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business to Customer.” Jurnal Informatika Upgris 4(1): 38–45.

Wulandari, N. L. D., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphere Untuk Mendorong Purchase Decision Di El Crudo Canggu. Values, 2(2).

Yunengsih, W., Sopiyan, P., & Masruroh, R. (2023). The Effect of Hedonic Shopping Motivation and Shopping Lifestyle on User Impulse Buying Shopee E-Commerce (Study on Majalengka University Students). Finance and Business Management Journal, 1(1), 13-27.

Yusuf, M., Oswari, T., & Hastuti, E. (2021). Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Membentuk Konsumen Mc Donald’s Di Kota Depok. UG Journal, Vol. 15, No. 2.

Downloads

Published

2024-09-26

How to Cite

Shilvia Ananda, Karina Septiani, Siti Rahmasari, & Nurul Ihsan Maulana. (2024). STRATEGI PENINGKATAN KEPUASAN KONSUMEN MELALUI STORE ATMOSPHERE PADA CAFE HUMAIRA BOGOR. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 92–104. Retrieved from https://journal.feb.uniku.ac.id/jimeb/article/view/33