A PENGARUH PROMOSI, PENGETAHUAN PRODUK DAN KONTROL PERILAKU TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PRODUK KREDIT CEPAT AMAN (KCA)

(Survei Pada Nasabah PT. Pegadaian Cabang Kuningan yang Belum Menggunakan Produk KCA)

Authors

  • Ruhiyat Jalaludin Universitas Kuningan
  • Iskandar Iskandar Universitas Kuningan
  • Munir Komarudin Universitas Kuningan

Keywords:

promotion, product knowledge, behavior control, interest.

Abstract

This research aims to analyze whether there is an influence of promotion, product knowledge and personal control on interest in using fast safe credit (KCA) products. The research method used is descriptive with the population in this study being customers who have not used KCA products in Kuningan Regency, an unknown number. The sampling method used was purposive sampling, the data collection technique used in this research was through distributing questionnaires and measuring using an interval scale. The research results show that: (1) promotion does not affect interest. (2) product knowledge does not affect interest. (3) behavioral control has a positive and significant effect on interest. (4) promotion, product knowledge and behavioral control simultaneously positively affect interest.

Keywords : promotion, product knowledge, behavior control, interest.

References

Herawati, J. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Minat Pembelian Produk Secara Online Menggunakan Facebook Berdasarkan Technology Acceptance Model dan Theory Of Planned Behavior ( Studi Kasus pada Mahasiswa di Kota Yogyakarta ). In Jurnal Akuntansi & Manajemen Akmenika (Vol. 16, Issue 1). www.tempo.com

Ibrahim, M., & Lidona Aprilani, T. (2022). Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Gadai Syariah dengan Gadai Konvensional ada Pt. Pegadaian Tbk. Kota Mataram. In Manajemen dan Akuntansi (Vol. 8, Issue 2).

Ikhsan, N., Prodi Perbankan Syariah STEBIS IGM Palembang, M., & Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah, S. (n.d.). Pengaruh Promosi Dan Harga Emas Terhadap Minat Nasabah Produk BSI Gadai Emas (Studi Kasus Ex Bank Syariah Mandiri KC Simpang Patal Palembang).

Magfirah, N., Tinggi, S., Bima, I. E., Aprianti, K., Ekonomi, I., Alamat, B., Wolter, J., Tolobali, M., & Bima, K. (2023). Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Lifestyle Terhadap Minat Beli Produk Cream Glow & Lovely Di Kota Bima. 1(3), 184–198. https://doi.org/10.54066/jrea-itb.v1i3.292

Maharani, N. S. (2020). Pengaruh Promosi dan Fluktuasi Harga Emas Terhadap Minat Nasabah pada Produk Tabungan Emas. http://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/muhasabatuna

Manajerial dan Kewirausahaan, J., Puspitowati, I., & Korespondensi, P. (2023). Pengaruh Sikap Pribadi, Norma Subyektif, dan Kontrol Perilaku Yang Dirasakan Terhadap Intensi Berwirausaha. 05(02), 411–418.

Penelitian, L., Pembelajaran, P., & Kepada Masyarakat, P. (2017). SEMNAS IIB DARMAJAYA Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Prilaku terhadap Keinginan Nasabah PT Pegadaian Palembang. www.pegadaian.co.id

Pengetahuan Produk, P., Produk, K., Manajerial, J., & Ulrica dan Yenny Lego, T. (2021). Ulrica dan Lego: Pengaruh Pengetahuan Produk, Keterlibatan Produk, Dan E-Wom Terhadap Niat Pembelian Produk Max Factor Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tarumanagara Melalui Website Sociolla Di Jakarta: Vol. III (Issue 2). www.sociolla.com

Saputri, I. E. (2022). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah terhadap Produk Gadai Emas pada PT Bank Syariah Indonesia KCP Medan Setia Budi. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(1), 334–340. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i1.1207

Sari Ningrum, A., Arie Wibowo, S., Studi Akuntansi, P., dan Bisnis, E., & Muhammadiyah Yogyakarta, U. (n.d.). Determinan Minat Masyarakat Dalam Bertransaksi Di Pegadaian Syariah.

Yang, F.-F., Minat, M., Ningrum, R. P., & Widyaningsih, M. (n.d.). 86 Ningrum & Widyaningsih Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Produk Gadai (Rahn) Di Pegadaian Syariah Cps Solo Baru Factors Affecting Customers’ Interest in Using Pawn Products (Rahn) At Cps Solo Baru Sharia Pawnshops.

Downloads

Published

2024-11-07

How to Cite

Jalaludin, R., Iskandar, I., & Komarudin, M. (2024). A PENGARUH PROMOSI, PENGETAHUAN PRODUK DAN KONTROL PERILAKU TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PRODUK KREDIT CEPAT AMAN (KCA): (Survei Pada Nasabah PT. Pegadaian Cabang Kuningan yang Belum Menggunakan Produk KCA). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 1(2). Retrieved from https://journal.feb.uniku.ac.id/jimeb/article/view/78