STRATEGI PEMASARAN MELALUI INOVASI DAN KREASI GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO BANGUNAN MANDALA

Authors

  • Dillah Nuur Atthoriq Universitas Kuningan
  • Andrian Universitas Kuningan
  • Fitria Dwi Sulastri Universitas Kuningan
  • Windy Dwi Meilany Universitas Kuningan
  • Yanneri Elfa Kiswara Rahmantya Universitas Kuningan
  • Adi Muhamad Muhsidi Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.25134/digibe.v2i1.18

Keywords:

Persaingan Pasar, Strategi Pemasaran, Inovasi Kreatif

Abstract

Abstrak

Masalah persaingan di dalam dunia usaha menuntut para pelaku usaha untuk terus berinovasi mengembangkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) Permasalahan persaingan pasar yang semakin ketat mengharuskan para pengusaha memiliki strategi pemasaran yang tepat, 2) Tuntutan kegiatan pemasaran agar lebih efektif dan efisien agar memiliki usaha yang lebih baik 3) Mengetahui ide inovasi kreatif pada UMKM Toko Bangunan Mandala dengan metode kualitatif. Objek di dalam penelitian ini adalah Toko Bangunan (TB) Mandala. Adapun metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara. Untuk mengetahui strategi pemasaran UMKM Toko Bangunan Mandala digunakan analisis SWOT yang meliputi analisis terhadap empat aspek, yaitu Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman. Hasil penelitian ini menunjukkan penetapan aspek analisa SWOT pada UMKM Toko Bangunan Mandala. Aspek kekuatan pada TB Mandala adalah lokasi strategis, produk berkualitas, harga kompetitif, dan persediaan cukup. Aspek kelemahan yang dijumpai adalah ketatnya persaingan, fluktuasi harga bahan, dan ketergantungan pada musim. Aspek peluang pada TB Mandala adalah pertumbuhan industri konstruksi dan ekspansi kategori produk. Aspek ancaman meliputi persaingan yang ketat dan perubahan teknologi.

Kata kunci: persaingan pasar; strategi pemasaran; inovasi kreatif

Published

29-02-2024

How to Cite

Nuur Atthoriq, D., Andrian, A., Dwi Sulastri, F., Dwi Meilany, W., Kiswara Rahmantya, Y. E., & Muhamad Muhsidi, A. (2024). STRATEGI PEMASARAN MELALUI INOVASI DAN KREASI GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO BANGUNAN MANDALA. Digital Business and Entrepreneurship Journal, 2(1), 42–48. https://doi.org/10.25134/digibe.v2i1.18

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.