STRATEGI MANAJEMEN INOVASI DAN KREATIFITAS DALAM PENGEMBANGAN BISNIS KEDAI KOPI IMAH UING (IU)
DOI:
https://doi.org/10.25134/digibe.v2i1.17Keywords:
innovation management, competition, innovationAbstract
Abstrak
Masalah persaingan di dalam dunia usaha menuntut para pelaku usaha untuk terus berinovasi mengembangkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) Permasalahan persaingan pasar yang semakin ketat mengharuskan para pengusaha memiliki strategi pemasaran yang tepat, 2) Tuntutan kegiatan pemasaran agar lebih efektif dan efisien agar memiliki usaha yang lebih baik 3) Mengetahui ide inovasi kreatif pada UMKM Toko Bangunan Mandala dengan metode kualitatif. Objek di dalam penelitian ini adalah Toko Bangunan (TB) Mandala. Adapun metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara. Untuk mengetahui strategi pemasaran UMKM Toko Bangunan Mandala digunakan analisis SWOT yang meliputi analisis terhadap empat aspek, yaitu Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman. Hasil penelitian ini menunjukkan penetapan aspek analisa SWOT pada UMKM Toko Bangunan Mandala. Aspek kekuatan pada TB Mandala adalah lokasi strategis, produk berkualitas, harga kompetitif, dan persediaan cukup. Aspek kelemahan yang dijumpai adalah ketatnya persaingan, fluktuasi harga bahan, dan ketergantungan pada musim. Aspek peluang pada TB Mandala adalah pertumbuhan industri konstruksi dan ekspansi kategori produk. Aspek ancaman meliputi persaingan yang ketat dan perubahan teknologi.
Kata kunci: persaingan pasar; strategi pemasaran; inovasi kreatif
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 DIGIBE : Digital Business and Entrepreneurship Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Digital Business and Entrepreneurship Journal allow reuse and remixing of its content, in accordance with a CC BY-SA 4.0 which follow international Lisence. This license lets others to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material, for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.