STRATEGI MANAJEMEN INOVASI DAN KREATIFITAS DALAM PENGEMBANGAN BISNIS KEDAI KOPI IMAH UING (IU)

Authors

  • Esu Susilowati Universitas Kuningan
  • Hanny Nur Rezika
  • M Iqbal Rifaldo Universitas Kuningan
  • Meisya Putri Azzahra Universitas Kuningan
  • Taufik Hidayat Universitas Kuningan
  • Dadan Darmawan Muttaqien Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.25134/digibe.v2i1.17

Keywords:

innovation management, competition, innovation

Abstract

Abstrak

Masalah persaingan di dalam dunia usaha menuntut para pelaku usaha untuk terus berinovasi mengembangkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) Permasalahan persaingan pasar yang semakin ketat mengharuskan para pengusaha memiliki strategi pemasaran yang tepat, 2) Tuntutan kegiatan pemasaran agar lebih efektif dan efisien agar memiliki usaha yang lebih baik 3) Mengetahui ide inovasi kreatif pada UMKM Toko Bangunan Mandala dengan metode kualitatif. Objek di dalam penelitian ini adalah Toko Bangunan (TB) Mandala. Adapun metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara. Untuk mengetahui strategi pemasaran UMKM Toko Bangunan Mandala digunakan analisis SWOT yang meliputi analisis terhadap empat aspek, yaitu Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman. Hasil penelitian ini menunjukkan penetapan aspek analisa SWOT pada UMKM Toko Bangunan Mandala. Aspek kekuatan pada TB Mandala adalah lokasi strategis, produk berkualitas, harga kompetitif, dan persediaan cukup. Aspek kelemahan yang dijumpai adalah ketatnya persaingan, fluktuasi harga bahan, dan ketergantungan pada musim. Aspek peluang pada TB Mandala adalah pertumbuhan industri konstruksi dan ekspansi kategori produk. Aspek ancaman meliputi persaingan yang ketat dan perubahan teknologi.

Kata kunci: persaingan pasar; strategi pemasaran; inovasi kreatif

Published

29-02-2024

How to Cite

Susilowati, E., Nur Rezika, H., Rifaldo, M. I., Putri Azzahra, M., Hidayat, T., & Darmawan Muttaqien, D. (2024). STRATEGI MANAJEMEN INOVASI DAN KREATIFITAS DALAM PENGEMBANGAN BISNIS KEDAI KOPI IMAH UING (IU). Digital Business and Entrepreneurship Journal, 2(1), 17–26. https://doi.org/10.25134/digibe.v2i1.17