MENCIPTAKAN STRATEGI INOVATIF DAN KREATIF BAGI UMKM: OBSERVASI PADA USAHA “COFFE SATU”
DOI:
https://doi.org/10.25134/digibe.v2i1.10Keywords:
Inovasi, Kreatif, Digital, UMKM, PemasaranAbstract
Abstrak
Pertumbuhan ekonomi di Indonesia erat kaitannya dengan pengusaha lokal yang berupaya mengembangkan usaha mereka untuk mendapatkan keuntungan. Inovasi menjadi kunci untuk menjaga daya saing dan bertahan dalam persaingan bisnis yang ketat. Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) seperti "Coffee Satu" dihadapkan pada tantangan untuk terus berinovasi guna memperluas pangsa pasar dan meningkatkan pendapatan. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami perspektif dan pengalaman pemilik usaha serta memperoleh wawasan mendalam tentang strategi inovasi yang diterapkan dalam mengembangkan produk dan memperkuat branding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi dapat diimplementasikan melalui berbagai strategi, seperti memberikan member card untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, menciptakan menu baru dengan beragam pilihan, mendirikan kedai dengan konsep yang menarik, menambahkan varian kopi dengan ramuan herbal, menjalin kerjasama dengan produsen bakery, dan memanfaatkan jasa konten kreator/influencer untuk memperluas jangkauan pemasaran melalui media sosial. Kesimpulan dari studi ini adalah bahwa inovasi merupakan strategi yang tidak dapat diabaikan dalam menghadapi persaingan bisnis. Dengan melakukan inovasi yang tepat, "Coffee Satu" dapat meningkatkan daya saingnya dan menarik minat konsumen dengan produk-produk yang unik dan berkualitas. Saran yang diberikan meliputi melibatkan pelanggan melalui member card, mengembangkan menu dan memperkuat branding, memberikan inovasi produk untuk kesehatan, menjalin kerjasama strategis dengan pihak lain, memanfaatkan media sosial, dan memperkuat sistem internal untuk mendukung inovasi berkelanjutan serta pelatihan keterampilan bagi karyawan. Dengan demikian, "Coffee Satu" dapat terus berkembang dan menjadi pemain utama dalam industri minuman kekinian di Indonesia.
Kata Kunci: Inovasi; Kreatif; Digital; UMKM; Pemasaran
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 DIGIBE : Digital Business and Entrepreneurship Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Digital Business and Entrepreneurship Journal allow reuse and remixing of its content, in accordance with a CC BY-SA 4.0 which follow international Lisence. This license lets others to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material, for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.