STRATEGI MITIGASI RISIKO PRODUKSI DAN DISTRIBUSI PADA UMKM KERIPIK TIARA JAYA DI LAMPUNG TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.25134/digibe.v3i2.330Keywords:
Manajemen Risiko, Mitigasi, Produksi, Rantai Distribusi, Studi KasusAbstract
UMKM pangan lokal seperti Keripik Tiara Jaya memiliki potensi besar untuk berkembang, namun terdapat kendala diantaranya rentan terhadap risiko sepanjang proses rantai produksi, dan distribusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi risiko utama serta mengembangkan strategi mitigasi yang tepat berbasis proses bisnis UMKM. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan analisis dokumen. Hasil penelitian mengungkap risiko utama pada tahap produksi UMKM Keripik Tiara Jaya yaitu meliputi fluktuasi harga bahan baku, sering adanya kerusakan pada alat potong, permasalahan waktu kerja, dan kelalaian pekerja. Pada rantai distribusi ditemukan risiko keterlambatan pengiriman, kerusakan pada produk, dan kemasannya. Strategi mitigasi yang dikembangkan diantaranya adalah diversifikasi pemasok, perawatan preventif alat secara berkala, pelatihan tenaga kerja, pencatatan distribusi secara digital dan kualitas dalam pengontrolan produk jadi atau kerjasama dengan logistik. Kesimpulan penelitian ini memperlihatkan bahwa strategi mitigasi yang dirancang secara kontekstual dapat meningkatkan ketahanan dan daya saing UMKM pangan lokal, sehingga dapat digunakan sebagai model mitigasi risiko terintegrasi untuk usaha kecil di sektor yang serupa.
References
Alfanny, Sungkono, & Mulyadi, D. (2024). Analisis Persediaan Bahan Baku Pada UMKM Di Rangasdengklok. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(2), 399–6. https://doi.org/10.62710/5gx5p327
Alwi, A. (2020). Solidaritas Masyarakat Multikultural dalam Menghadapi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Problematika Sosial Pandemi COVID-19 “Membangun Optimisme Di Tengah Pandemi Covid-19, 33–36.
Andini, C. A. (2024). Geoteknik Strategi Pemeliharaan Preventif Mesin Produksi : Studi Kualitatif di Industri Kecil dan Menengah. 1(1), 6–11.
Ginting, A. P., Hubeis, M., & Fahma, F. (2019). Strategi Pengembangan UMKM Pangan Berdaya Saing di Kota Bandung. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 14(1), 1–7. https://doi.org/10.29244/mikm.14.1.1-7
Indreswari, R., Wijianto, A., Adi, R. K., Yunindanova, M. B., & Apriyanto, D. (2022). Standarisasi Mutu Berbasis Total Quality Control Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Karak Crackers Competitiveness. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5(2654–3168), 7.
Istifarin, R. A., Maflahah, I., & Mojiono, M. (2024). Aplikasi Statistical Quality Control pada Pengendalian Kualitas Kerupuk Puli di UKM Kerupuk Puli Fitri. Edufortech, 9(1), 30–42. https://doi.org/10.17509/edufortech.v9i1.61047
Januarti, R. T., Rachmatika, A. N., Winugroho, T., Maarif, S., & Subiyanto, A. (2021). Partisipasi dan Pemberdayaan Sumber Daya Lokal Sebagai Upaya Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Komunitas di Pidie Jaya Aceh Guna Mendukung Keamanan Nasional. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 394–402. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.394-402
Khoiriyah, S., & Pratama, G. (2025). Peran Strategi Pengembangan Bisnis dalam Pemberdayaan UMKM : Studi Deskriptif Kualitatif. 200–208.
Susanto, A., & Dewi, R. S. (2023). Strategi Pengembangan UMKM di Indonesia: Tinjauan Sistematis. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 6(2), 269–289. https://doi.org/10.15642/manova.v6i2.812
Prihatiningsih, B. E., & Susanti, A. (2023). Mufakat Mufakat. Jurnal Ekonomi Akuntansi, Manajemen, 2(2), 91–107.
Putri, A., & Afrioza, S. (2024). Pengaruh penyuluhan media sosial terhadap kesehatan fisik gen-z. 15(2), 446–450. https://doi.org/10.34305/jikbh.v15i02.1286
Quaralia, P. S. (2022). Kerjasama Regional dalam Rantai Pasokan Pertanian untuk Mencapai Ketahanan Pangan Berkelanjutan: Studi kasus ASEAN. Padjadjaran Journal of International Relations, 4(1), 56. https://doi.org/10.24198/padjir.v4i1.37614
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Widyastuti, N. L. P. S., Sasrawati, I. G. A. P., & Putra, I. P. A. D. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Beli Konsumen di E-commerce Shopee. Jurnal EMAS, 4(3), 856-871
Tigar Putri Adhiana, A. A. S. (2020). MATRIK : Jurnal Manajemen & Teknik Industri-Produksi. Jurnal Manajemen & Teknik Industri – Produksi, 21(1), 1–10. https://doi.org/10.350587/Matrik
Tnt, G. J. (2025). JIMEB Jurnal Ilmiah Manajemen , Ekonomi dan Bis …. 1–14.
Zalfa Dhia Zahirah, M. S. (2018). Jurnal Impresi Indonesia. Jurnal Impresi Indonesia, 1(3), 282–287. https://doi.org/10.58344/jii.v4i6.6654
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Digital Business and Entrepreneurship Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Digital Business and Entrepreneurship Journal allow reuse and remixing of its content, in accordance with a CC BY-SA 4.0 which follow international Lisence. This license lets others to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material, for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.








