PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE PADA E-COMMERCE SHOPEE

Authors

  • Nadia Dwi Oktaviani
  • Rini Handayani Universitas Nasional Pasim

DOI:

https://doi.org/10.25134/digibe.v3i1.42

Keywords:

Kualitas Produk, Electronic word of mouth, keputusan pembelian, e-commerce, shopee

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak Kualitas produk dan E-WOM terhadap keputusan Pembelian produk skincare di e-commerce Shopee. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan asosiatif. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 100 responden, yang merupakan pengguna aktif Shopee dan pengikut akun @ohmybeautybank. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Kualitas produk dan E-WOM berpengaruh signifikan terhadap keputusan PembeIian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda, yang menunjukkan bahwa kedua variable independen, yaitu Kualitas produk dan E-WOM, secara bersama-sama memberikan kontribusi signifikan terhadap keputusan Pembelian produk skincare. Secara parsial, Kualitas produk memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan dengan E-WOM. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi perusahaan e-commerce dan penjual produk skincare dalam meningkatkan Kualitas produk dan memanfaatkan E-WOM untuk mendorong keputusan Pembelian konsumen.

Kata kunci: kualitas produk; electronic word of mouth; keputusan pembeiian; e-commerce; shopee

 

Abstract

This study aims to analyze the impact of product quality and E-WOM on purchasing decisions of skincare products on Shopee e-commerce. The research applies a quantitative approach with descriptive and associative methods. Data was collected using questionnaires distributed to 100 respondents, who are active users of Shopee and followers of the @ohmybeautybank account. The results show that product quality and E-WOM significantly influence purchasing decisions. Data analysis was conducted using multiple linear regression, which indicates that both independent variables, namely product quality and E-WOM, collectively contribute significantly to the purchasing decisions of skincare products. Partially, product quality has a greater influence compared to E-WOM. This research provides valuable insights for e-commerce companies and skincare product sellers in enhancing product quality and leveraging E-WOM to drive consumer purchasing decisions.

Keyword: product quality; electronic word of mouth; purchasing decisions; e-commerce; shopee

References

Amarazka, V., Reni, &, & Dewi, S. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PORTOBELLO SEMARANG. In Jurnal Administrasi Bisnis: Vol. IX.

Arda, M., & Andriany, D. (2023). THE INFLUENCE OF PRODUCT QUALITY, PRICE AND ELECTRONIC WORD OF MOUTH ON THE PURCHASE DECISION OF MS GLOW SKINCARE. International Journal of Educational Review, 1246–1256.

Dinda, D., & Ramadhani, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dimsum Mbeledos Surabaya. Jurnal Sains Sosio Humaniora P-ISSN, 5, 2580–1244.

Hariningrum, A. (2022). PENGARUH TERPAAN AKUN TWITTER @OHMYBEAUTYBANK TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KOSMETIK DAN KECANTIKAN (Survei pada Followers @Ohmybeautybank). EPRINT UMS.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Principe of Marketing (15th ed.). E-book : Pearson.

Putra, C. A., Tanamal, J., Mubaraq, R., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2015). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA DISTRO BATTLEBOOM PALU. 1(3), 241–252.

Soedibjo, B. (2017). Pengantar Metode Penelitian. Universitas Nasional PASIM.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Andi Offset.

Downloads

Published

31-01-2025

How to Cite

Dwi Oktaviani, N., & Handayani, R. (2025). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE PADA E-COMMERCE SHOPEE. Digital Business and Entrepreneurship Journal, 3(1), 36–48. https://doi.org/10.25134/digibe.v3i1.42

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.