STRATEGI PENERAPAN ETIKA BISNIS SOCIAL MEDIA MARKETING PADA RUMAH SAKIT JANTUNG TASIKMALAYA

Authors

  • Rizka Wahyudi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Btari Mariska Purwaamijaya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syti Sarah Maesaroh Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25134/digibe.v2i2.39

Keywords:

Business Ethics, Social Media Marketing, Hospital, Healthcare, SWOT Analysis

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi penerapan etika bisnis dalam pemasaran media sosial di Rumah Sakit Jantung Tasikmalaya. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan validitas data diuji melalui triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Sakit Jantung Tasikmalaya telah menerapkan sejumlah praktik etis dalam media sosial, seperti pengecekan konten sebelum publikasi, riset berbasis data, dan keterlibatan dokter untuk memastikan akurasi konten. Analisis SWOT mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam strategi pemasaran media sosial rumah sakit. Temuan ini menempatkan rumah sakit pada posisi kuadran I (kekuatan internal dan peluang eksternal yang tinggi), yang menunjukkan potensi besar untuk mengoptimalkan strategi pemasaran melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia, penerapan SOP cyber security, dan pemanfaatan nilai CARDIAC dalam semua konten media sosial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integritas, transparansi, dan etika harus menjadi dasar dalam strategi social media marketing, khususnya di sektor layanan kesehatan, untuk menjaga kepercayaan dan kredibilitas di mata publik.

Kata kunci: Etika Bisnis; Social Media Marketing; Rumah Sakit; Kesehatan; Analisis SWOT

 

Abstract

This study aims to evaluate the implementation strategy of business ethics in social media marketing at Tasikmalaya Heart Hospital. Using a qualitative approach with a case study method, data were collected through in-depth interviews, observation, and documentation. Data analysis was conducted using Miles and Huberman's analysis technique, which includes data reduction, data display, and conclusion drawing, with data validity tested through technique triangulation. The results of the study show that Tasikmalaya Heart Hospital has implemented several ethical practices in social media, such as content checking before publication, data-based research, and the involvement of doctors to ensure content accuracy. The SWOT analysis identified the strengths, weaknesses, opportunities, and threats in the However hospital's social media marketing strategy. These findings place the hospital in quadrant I (high internal strengths and high external opportunities), indicating significant potential to optimize the marketing strategy by improving human resource quality, implementing cyber security SOPs, and utilizing CARDIAC values in all social media content. The study concludes that integrity, transparency, and ethics should form the foundation of social media marketing strategies, especially in the healthcare sector, to maintain public trust and credibility.

Keyword: Business Ethics; Social Media Marketing; Hospital; Healthcare; SWOT Analysis

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.

Argaw, S. T., Bempong, N. E., Eshaya-Chauvin, B., & Flahault, A. (2019). The state of research on cyberattacks against hospitals and available best practice recommendations: A scoping review. Dalam BMC Medical Informatics and Decision Making (Vol. 19, Nomor 1). BioMed Central Ltd. https://doi.org/10.1186/s12911-018-0724-5

Burhan, L., & Sulistiadi, W. (2022). OPTIMALISASI STRATEGI DIGITAL MARKETING BAGI RUMAH SAKIT. BRANDING: Jurnal Manajemen dan Bisnis.

Dewi, R. S. (2020). Business Ethics Pada PT Control Systems Arena Para Nusa. Jurnal Ekonomi dan Sistem Informasi, 1(1), 378–391.

Hariyanto, A. A. R., Purwaamijaya, B. M., & Hermawan, A. (2024). The Effect of Social Media Marketing Instagram and Price on Purchasing Decisions @Rumahbatik.Palbatu. Indonesian Journal of Digital Business, 4(1), 26–36.

Lavidya, V., Apriliana, P. S., & Hanum, K. Z. (2023). PERAN BUDAYA PERUSAHAAN DALAM PEMBENTUKAN CITRA PERUSAHAAN DAN KINERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN MULTINASIONAL. Multidiciplinary Scientific Journal.

Mardiati, S., & Achadi, A. (2022). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KUNJUNGAN PASIEN BARU DI RUMAH SAKIT: STUDI SYSTEMATIC REVIEW. Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(12).

Muhajir, M., Akib, H., & Niswaty, R. (2023). Transformasi Digital Pada Rumah Sakit Umum Daerah Prof.dr.H.M. Anwar Makkatutu Kabupaten Bantaeng. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 129–139. https://doi.org/10.25008/altifani.v3i1.327

Nahru, G., & Lestari, Y. D. (2023). Dukungan Digital Transformation Pada Daya Saing PT Pembangkitan Jawa Bali Services. 8(8). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6

Oktaviani, E., Asrinur, Prakoso, A. W. I., & Madiisriyatno, H. (2023). TRANSFORMASI DIGITAL DAN STRATEGI MANAJEMEN. Oikos-Nomos: JURNAL KAJIAN EKONOMI DAN BISNIS, 16(1), 16–26.

Purwaamijaya, B. M., Herdiana, O., Prehanto, A., Maesaroh, S. S., & Guntara, R. G. (2022). Pelatihan Optimalisasi Pemasaran Produk UMKM Melalui Sosial Media Tiktok. JURNAL ILMIAH PENGABDIAN DAN INOVASI, 1(2), 133–140.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Syahwali, A. J., Piwari, B., Prabowo, A., & Sutabri, T. (2023). Transformasi Digital Untuk Pengembangan Pelayanan Kesehatan di Rumah Saki. Indonesian Journal of Multidiciplinary, 1(5), 1770–1777.

UU No 44/2009 Pasal 30 Ayat (1) Huruf G. (t.t.).

Wheelen, T. L., Hunger, J. D., Hoffman, A. N., & Bamford, C. E. (2018). Strategic Management and Business Policy. Pearson.

Wijayanto, H., & Harsadi, P. (2021). Transformasi Digital.

Yunti, A. P. (2018). Analisis Penerapan Etika Bisnis Terhadap Penggunaan Facebook Ads. Festival Riset Ilmiah Manajemen & Akuntansi, 806–812.

Downloads

Published

31-07-2024

How to Cite

Wahyudi, R., Purwaamijaya, B. M., & Maesaroh, S. S. (2024). STRATEGI PENERAPAN ETIKA BISNIS SOCIAL MEDIA MARKETING PADA RUMAH SAKIT JANTUNG TASIKMALAYA. Digital Business and Entrepreneurship Journal, 2(2), 97–109. https://doi.org/10.25134/digibe.v2i2.39

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.