EVALUASI DAN PERANCANGAN ULANG USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI JHC MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Authors

  • Try Nurhayati Iswanto Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rangga Gelar Guntara
  • Btari Mariska Purwaamijaya

DOI:

https://doi.org/10.25134/digibe.v3i1.35

Keywords:

UI/UX, Design Thinking, Rumah Sakit, Aplikasi Mobile, SUS

Abstract

Dewasa ini, penggunaan smartphone sangat ramai dikalangan masyarakat. Hal ini membuat para pelaku sektor industri mulai menggunakan teknologi informasi untuk mempertahankan keeksisannya dikalangan masyarakat. Salah satu sektor industri di bidang kesehatan yang mulai menerapkan teknologi informasi pada operasionalnya adalah RS Jantung Tasikmalaya dengan meluncurkan aplikasi JHC mobile. Namun, terdapat beberapa masalah yang ada pada aplikasi JHC mobile yang membuat aplikasi tersebut belum dapat digunakan secara langsung di lapangan. Hal ini membuat peneliti merasa tertarik untuk melakukan perancangan ulang menggunakan metode design thinking untuk mengidentifikasi masalah dan mencari solusi dari permasalahan-permasalahan tersebut. Untuk mengidentifikasi masalah, peneliti melakukan usability testing dan menggunakan alat ukur system usability scale (SUS) untuk mengetahui nilai usability pada aplikasi JHC mobile. Dan didapatkan hasil bahwa tingkat usability pada JHC mobile sebelum perancangan ulang mendapatkan predikat “not acceptable” dan nilai efektivitas yang dibawah rata-rata. Namun, setelah dilakukan perancangan ulang terlihat adanya peningkatan pada nilai usability dan kepuasan pengguna yang mendapatkan predikat “acceptable”dan efektivitas aplikasi yang diatas rata-rata. Hal ini menunjukan bahwa melakukan perancangan ulang menggunakan metode design thinking pada penelitian ini dapat meningkatkan nilai usability dari aplikasi dan mendapatkan hasil yang positif.

References

Afrianto, I., & Guntara, R. G. (2019). Implementation of User Centered Design Method in Designing Android-based Journal Reminder Application. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 662(2). https://doi.org/10.1088/1757-899X/662/2/022029

Ariqo, W., & Winoto, Y. (2021). Transformasi Layanan Perpustakaan Berbasis Media Sosial Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Kelompok Milenials. Info Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan dan Ilmu Informasi, 3(1), 11–27. https://doi.org/10.24036/ib.v3i1.277

Putranto, R. B. (2020). Implementasi Mobile Application Akuntansi UKM dan UMKM Sektor Industri Coklat Olahan. Simposium Nasional Keuangan Negara, 2(1), 273–292.

Brooke, J. (1996). SUS: A “Quick and Dirty” Usability Scale. Dalam P. W. Jordan, B. Thomas, I. L. McClelland, & B. Weerdmeester (Ed.), Usability Evaluation In Industry (hlm. 6). CRC Press. https://doi.org/10.1201/9781498710411

Chella, T., Fitri, N., Agustina, F., & Prasetyo, Y. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Service Quality Control Berbasis Website dengan Menggunakan Metode Prototype. Indonesian Journal of Digital Business, 1(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/IJDB/index

Fauzi, A. A., Harto, B., Mulyanto, Dulame, I. M., Pramuditha, P., Sudipa, I. G. I., Dwipayana, A. D., Sofyan, W., Jatnika, R., & Wulandari, R. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Berbagai Sektor Pada Masa Society 5.0 (& J. A. Sepriano., Ed.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Guntara, R. G., Nuryadin, A., & Hartanto, B. (2021). Pemanfaatan Google Speech to Text Untuk Aplikasi Pembelajaran Kamus Bahasa Sunda Pada Platform Mobile Android. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 4(1), 10–19. https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ

Mardhatillah, R. (2022). Implementasi Metode Design Thinking dalam Perancangan Prototype UI/UX Aplikasi E-Event. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Muhajir, M., Akib, H., & Niswaty, R. (2023). Transformasi Digital Pada Rumah Sakit Umum Daerah Prof.dr.H.M. Anwar Makkatutu Kabupaten Bantaeng. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 129–139. https://doi.org/10.25008/altifani.v3i1.327

Naviola, C. (2023). Perancangan Ulang UI/UX pada Website Perpustakaan UPI Dengan Metode Design Thinking. Universitas Pendidikan Indonesia.

Ningrum, S. W., Akrunanda, I., & Perdanakusuma, A. R. (2019). Evaluasi dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile Ojesy Menggunakan Metode Usability Testing dan Use Questionnaire. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(5), 4825–4834. http://j-ptiik.ub.ac.id

Nugroho, D., & Raharja, B. D. (2020). Modul Komputer dan Masyarakat. STMIK Sinar Nusantara.

Prasetyo, Y., Purwaamijaya, B. M., & Maesaroh, S. S. (2021). Website Design and Development to Help Create and Develop a Business to Increase the Number of MSMEs. Dalam Jurnal Mantik (Vol. 6, Nomor 3). Online.

Guntara, R. G. (2022). Aplikasi Pendeteksi Penyakit Telinga Berbasis Android menggunakan API Clarifai dan K-Nearest Neighbor. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 3(2), 81–90. https://doi.org/10.37859/coscitech.v3i2.3862

Sugangga, R., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Malang, I. (2020). Pengembangan Produk Menggunakan Design Thinking pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Akademika, 18(2).

Yablonski, J. (2020). Laws of UX: Using Psychology to Design Better Products & Services (First). O’Reilly.

Yulius, R., Fajri, M., Nasrullah, A., Karmila, D., Mochamad, S., & Alban, A. (2022). Design Thinking: Konsep dan Aplikasinya. CV. Eureka Media Aksara .

Downloads

Published

31-01-2025

How to Cite

Iswanto, T. N., Gelar Guntara, R., & Mariska Purwaamijaya, B. (2025). EVALUASI DAN PERANCANGAN ULANG USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI JHC MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Digital Business and Entrepreneurship Journal, 3(1), 49–62. https://doi.org/10.25134/digibe.v3i1.35

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.